Faktanesia.id, – Dalam upaya memperkuat hubungan bilateral antara Taiwan dan Indonesia, Taiwan Tourism Bureau bersama Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) di Jakarta resmi meluncurkan kampanye promosi pariwisata Taiwan, dengan menghadirkan Mikha Tambayong sebagai Duta Pariwisata Taiwan pertama di Indonesia.
Acara jumpa pers yang digelar di Jakarta ini dihadiri oleh Kepala TETO, Bruce Hung, Direktur Dinas Pariwisata Taiwan di Jakarta, Zhou Shi Bi, perwakilan industri pariwisata, maskapai penerbangan, serta sejumlah media.
Dalam pidatonya, Kepala TETO, Bruce Hung, menegaskan bahwa tahun 2025 menjadi awal baru dalam mempererat hubungan persahabatan antara Taiwan dan Indonesia.
“Indonesia dan Taiwan memiliki ikatan sejarah dan budaya yang kuat. Dengan lebih dari 270 juta penduduk dan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia merupakan pasar wisata yang sangat penting bagi Taiwan,” ujar Hung.
Hung juga menyoroti berbagai kebijakan ramah wisatawan yang telah diterapkan oleh pemerintah Taiwan, termasuk kemudahan visa, penyediaan restoran bersertifikat halal, serta fasilitas ibadah yang lebih baik bagi wisatawan Muslim.
“Kami ingin memastikan bahwa teman-teman dari Indonesia dapat menikmati keindahan Taiwan dengan aman dan nyaman,” tambahnya.
Mikha Tambayong, yang baru saja diangkat sebagai Duta Pariwisata Taiwan, berbagi pengalaman pribadinya saat berkunjung ke Taiwan. Dalam video promosi yang diluncurkan pada acara ini, Mikha mengajak masyarakat Indonesia untuk menjelajahi berbagai destinasi Taiwan, mulai dari ikon perkotaan Taipei 101, keindahan Danau Sun Moon, hingga pesona budaya lokal di Museum Qi Mei.
“Taiwan adalah pulau yang diberkahi dengan keindahan alam dan budaya yang luar biasa. Saya ingin lebih banyak orang Indonesia merasakan pengalaman luar biasa ini,” ujarnya.
Dalam beberapa tahun terakhir, Taiwan aktif mengembangkan strategi promosi pariwisata di Indonesia. Pada tahun 2024, Taiwan Tourism Bureau membuka kantor layanan pariwisata di Jakarta dan mencatat peningkatan kunjungan wisatawan Indonesia ke Taiwan sebesar 11,92% dibanding tahun sebelumnya, dengan lebih dari 200.000 wisatawan berkunjung dalam periode Januari–November 2024.
Untuk semakin meningkatkan daya tarik Taiwan di mata wisatawan Indonesia, Direktur Dinas Pariwisata Taiwan di Jakarta, Zhou Shi B mengatakan, Taiwan Tourism Bureau juga akan melibatkan empat influencer ternama Indonesia yang akan mempromosikan empat tema utama wisata Taiwan: Kuliner, Gaya Hidup Sehat, Belanja, dan Perjalanan Romantis.
Kampanye tersebut akan diperkuat melalui berbagai platform digital dan media sosial, serta iklan luar ruang dan event promosi.
“Kami yakin bahwa setiap wisatawan Indonesia yang mengunjungi Taiwan akan membawa pulang kenangan tak terlupakan. Taiwan menyambut lebih banyak teman dari Indonesia untuk datang dan merasakan sendiri pesona Pulau Formosa,” pungkas Zou.
Dengan berbagai langkah strategis ini, Taiwan berharap dapat menjadi destinasi utama bagi wisatawan Indonesia, sekaligus memperkuat hubungan persahabatan antara kedua negara di bidang pariwisata, ekonomi, dan budaya.[R5]